Selasa, 03 Desember 2013

Sistem Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Secara Individual (on site treatment)

Limbah adalah semua benda yang berbentuk padat (solid waste), cair (liquid wastes), maupun gas (gaseous waste), merupakan bahan buangan yang berasal dari aktivitas manusia secara perorangan maupun hasil aktivitas kegiatan lainnya diantaranya industri, rumah sakit, laboratorium, reactor nuklir, dll. 

Menurut Willgooso (1979) air limbah adalah wastewater is water carrying wastes from homes, business, and industries that is mixture of water and dissolved or suspended solids. Menurut EPA (1977) wastewater is water carrying dissolved or suspended solids  from homes, farms, businesses, and industries

Ada beberapa jenis limbah di antaranya : 
  1. Limbah rumah tangga (domestic wastes) Limbah yang berasal dari aktivitas manusia secara perseorangan yaitu berupa hasil kegiatan pencucian pakaian, pencucian sayr, alat makan / minum, limbah kamar mandi, sampah dapur.
  2. Limbah industri (industrial wastes) merupakan limbah hasil kegiatan industri, terdiri dari limbah air panas, proses pencucian bahan mentah, proses pemurnian material, dan limbah produk.
  3. Limbah rumah sakit (hospital wastes). Limbah berbahaya dari rumah sakit, laboratorium, pembalut, bahan kimia/obat-obatn, bakteri penyakit, bahan radioaktif.
  4. Limbah perkotaan (municipal wastewater) hampir sama dengan limbah rumah tangga berupa sampah padat / cair. 
  5. Limbah nuklir (nuclear wastes) berasal dari air pendingin reaktor dan zat radioaktif. 
Sehubungan dengan peningkatan jumlah penduduk diiringi dengan jumlah pemukiman dan keterbatasan fasilitas pengolahan limbah domestik atau limbah rumah tangga menyebabkan permasalahan lingkungan. Khususnya dalam pencemaran air sungai dan air tanah dangkal. Salah satu solusi yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi adalah perkembangan pembangunan sistem pengolahan air limbah rumah tangga / kota secara individual (on site treatment)

Salah satu sistem pengolahan on site treatment adalah pengembangan biofilter an-aerob dan aerob skala Rumah Tangga (kapasitas 3 m3/hari dengan waktu tinggal antara 1-3 hari). Berdasarkan hasil ujicoba model (prototype) diperoleh hasil olahan sudah jernih dan efektif untuk menurunkan nilai BOD, COD, ammonia, pospat, dan detergen. 

Beikut adalah dokumen tentang prototype /model alat pengolah limbah domestik yang dikembangkan oleh BPPT.  Jika Anda membutuhkan untuk pengaplikasian atau pengkajian alat teknmologi tersebut, dokumen bisa Anda download melalui link berikut ini :


Salam,
 
Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengaruh Bahan Kimia Pada Manusia

Antara satu zat kimia dengan zat kimia lain dapat menimbulkan interaksi atau saling berpengaruh satu sama lainnya. Efek yang terjadi dapa...