Kamis, 10 November 2011

Makan Tidak Harus Pake Nasi

Beberapa bulan yang lalu saya tertarik dengan spanduk acara lustrum Fakultas Pertanian UGM yang terlihat di daerah limbah "Makan Tidak Harus Pake Nasi, Mari Wujudkan Diversifikasi Pangan"Mungkin lebih mudahnya dipahami, ayo kita makan dengan makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Pertama kali yang mungkin kita pikirkan "Ngapain?" kan nasi makanan pokok kita. Tapi, tunggu dulu, Indonesia sudah swasembada pangan belum ya? Impor beras dari Thailand masih berlangsung, padahal negara Thailand terkena bencana banjir, jadi paling mungkin harga bersa Indonesia akan naik, karena berkurangnya cadangan 'impor' beras. Jadi memikirkan alternatif pengganti nasi, paling tidak kita mulai dengan mengganti beberapa kali dalam seminggu.

Nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat Sumber karbohidrat adalah padi-padian (gandum dan beras) atau serealia, umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), jagung, kacang-kacang kering, dan gula. Hasil olahan dari sumber karbohidrat adalah mie. bihun, roti, tepung-tepungan, selai, sirup, dan sebagainya. Sebagian besar sayur dan buah tidak banyak mengandung karbohidrat. Sayur umbi-umbian, seperti wortel dan kacang-kacangan relatif lebih banyak mengandung karbohidrat daripada sayuran. Bahan makanan hewani seperti daging, ayam, ikan, telur, dan susu sedikit sekali mengandung karbohidrat. Sumber karbohidrat yang banyak dimakan sebagai makanan pokok di Indonesia adalah beras, jagung, ubi, singkong, talas, dan sagu.

Berikut adalah contoh substitusi nasi dengan sember karbohidrat lainnya :

Nasi 100gr———– roti tawar 70gr —— crackers 50gr
(3/4 gelas)———– (3 ptg sdg)————-(5 buah besar)

Mie basah 200gr—–singkong 120gr—-jagung pipilan 125 gr
(2 gelas)—————–(1 ptg)————–(1 piring)

kentang 210gr——–ubi 135gr———talas 125 gr
(2 biji sedang)———(1 buah)———-(1 potong)

Dengan mengetahui substitusi dan juga besaran dari jumlah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kita juga dapat merubah kebiasaan kita makan nasi dengan substitusi yang lain. Yang pasti, tidak makan nasi pun bisa kenyang.

Saya tantang anda untuk bisa mengganti makanan sumber karbohidrat anda dari Nasi dengan sumber karbohidrat lainnya 1x seminggu saja.

Anda bisa ganti nasi dengan jagung rebus, bakwan jagung, singkong goreng, pasta/spagheti, ubi jalar rebus, kentang rebus/goreng, dengan sup kentang dan lain-lainnya. Mungkin anda juga ada ide-ide lain yang dapat di share kepada kita dengan menuliskan di komentar.

Dengan mengganti hanya 1x seminggu dan dilakukan bersama-sama, saya yakin maka kebutuhan beras nasional kita pun dapat ditekan dan memastikan swasembada pangan di negara kita.

Semoga bermanfaat,


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengaruh Bahan Kimia Pada Manusia

Antara satu zat kimia dengan zat kimia lain dapat menimbulkan interaksi atau saling berpengaruh satu sama lainnya. Efek yang terjadi dapa...